Penipuan E-Banking

Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat selain menimbulkan dampak positif seringkali juga berdampak negative, Semakin berkembangnya informasi dan teknologi menyebabkan semain berkembang pula modus-modus penipuan melaui dunia internet atau yang lebih sering disebut dengan cybercrime, secara harfiah cybercrime merupakan sebuah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan computer yang menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Kejahatan secara cybercrime ini di bedakan dalam beberapa jenis (googling saja di Google), namun penipuan secara cybercrime yang paling sering yaitu, penawaran bisnis murah seperti isi ulang pulsa, barang barang elektronik murah, hight yield investment program, SCAM (scam ini merupakan modus yang sering disebut berasal dari Nigeria, modus penipuan ini dilakukan dengan pelaku mengirim email ke inbox kita dan mengaku ada Dana jutaan dollar dan butuh kerjasama kita agar uang tersebut bisa cair tentunya dengan iming-iming bagi hasil. SCAM dalam bentuk lain yaitu email yang isinya anda memenangkan lotere / undian). Penulis sendiri sudah puluhan kali bakhan mungkin ratusan kali menerima email seperti di atas.

Kejahatan yang Menggunakan Teknologi Informasi sebagai Fasilitas dalam dunia perbankan diantaranya yaitu pencurian Account Internet, atau yang lebih di kenal dengan istilah Fake Login. Modus penipuan melalui fake login ini yaitu dengan mencuri data korban seperti username dan password, alamat email, serta nomor telepon. Selain dengan menggunakan fake login mudus penipuan terbaru yaitu dengan menyebarkan alamat situs yang tidak benar dan melalui email korban dan di minta untuk melakukan “Click here” atau “click di sini” yang akan di alihkan ke alamat website palsu (alamat situs Internet Banking fiktif) yang mempunyai tampilan hampir sama dengan tampilan awal situs Internet Banking yang sebenarnya, sehingga username dan password dapat dicuri.

Untuk melakukan transaksi online banking secara aman dapat anda baca tips-tips aman bertransaksi E-banking di postingan saya sebelumnya di sini.

Dapatkan artikel Terbaru Langsung ke E-Mail Anda, Masukkan E-Mail Anda di bawah Ini.!

Masukan E-mail Anda:

Di kirim Melalui FeedBurner

Tinggalkan Komentar: